RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA
JENIS-JENIS SISTEM KOLOID

Satuan Pendidikan         : SMA Negeri Bengkulu
Mata Pelajaran               :  Kimia
Kelas/Semester                :  Kelas XI / Semester 2
  Materi Pembelajaran     : Jenis-Jenis Sistem Koloid
  Alokasi Waktu                : 10 menit         

A. STANDAR KOMPETENSI
            Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

B. KOMPETENSI DASAR
            Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

C. INDIKATOR
1. Kognitif
a. Produk
1.      Mengklasifikasikan  suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan
2.      Mengelompokkan jenis-jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi
b. Proses
1.    Mengkaji perbedaan suspensi, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan.
2.    Mendiskusikan jenis-jenis koloid  berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi
3.    Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil diskusi jenis-jenis koloid  berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi.
2. Psikomotor
1.    Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar
2.    Keaktifan siswa dalam diskusi kelompok dan menjawab soal
3.    Kinerja dan sikap masing-masing anggota kelompok dalam diskusi dan menyimpulkan hasil diskusi.

3. Afektif
1. Karakter
     a. jujur,
b. tanggung jawab,
c. hati-hati,
d. teliti.
2. Keterampilan sosial:
a. bertanya,
b. menyumbang ide atau berpendapat,
c. menjadi pendengar yang baik,
d. berkomunikasi.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN  
1. Kognitif
a. produk :
1.    Secara mandiri siswa dapat menentukan perbedaan suspensi, larutan dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan.
2.    Dengan berdiskusi siswa dapat menjelaskan jenis-jenis koloid  berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi  
b. proses
1.    Guru memberikan penjelasan tentang materi perbedaan antara larutan, suspensi, dan koloid.
2.    Siswa dalam masing-masing kelompok mampu aktif dalam dikusi yang dilakukan.
3.    Guru sebagai mediator membimbing kegiatan diskusi yang berlangsung
4.    Guru memberikan masalah yang berkaitan dengan jenis-jenis koloid  untuk didiskusikan dalam kelompok yang telah dibentuk.
5.    Perwakilan kelompok menyampaikan dan menuliskan hasil kerja kelompoknya masing-masing.

2. Psikomotorik
1.      Keaktifan siswa dalam memberikan pertanyaan dan jawaban terhadap penjelasan guru tentang materi perbedaan antara larutan, suspensi, dan koloid.
2.      Penguasaan dan pemahaman materi dari masing-masing anggota kelompok tentang materi.
3.      Keaktifan siswa dalam berdiskusi dan dalam meyampaikan hasil kerja kelompok tersebut.

3. Afektif
1. Karakter: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan  dalam menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab,hati-hati, dan teliti.
2. Keterampilan sosial : Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan  dalam menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.

 E. MATERI PEMBELAJARAN
·   Pengertian sistem koloid
·   Perbandingan sifat larutan, koloid, dan suspensi.
·   Jenis-jenis koloid

F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
            Model pembelajaran    : Model Pembelajaran Kooperatif
            Metode                         : Ceramah, demonstrasi,  dan diskusi

G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·         Buku siswa
·         LKS
·         Buku kimia untuk SMA kelas XI/ Semester 2 penerbit Erlangga

H. PROSES BELAJAR MENGAJAR
A.    Pertemuan 1 (    menit)
No.

Aktivitas pembelajaran
Penilaian oleh pengamat
1
2
3
4
A.    Pendahuluan (1 menit)
1.       
Memotivasi siswa dengan memperlihatkan tentang pentingnya larutan, suspensi, dan koloid dalam kehidupan sehari-hari




2.       
Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, keterampilan sosial, dan karakter




B.     Kegiatan inti ( 8 menit)
1.       
Penggalan 1
a.    Menyajikan  informasi  tentang materi perbedaan suspensi, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan.




2.       
Pengalan 2
a.       Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif dan memberikan LKS 1




b.      Siswa mendiskusikan tentang menyelesaikan soal jenis-jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi




3.       
Pengalan 3




Guru sebagai mediator membimbing kegiatan diskusi yang berlangsung.




c.    siswa yang lain sebagai audience mendengarkan dengan seksama dan memberikan pertanyaan jika kurang mengerti apa yang disampaikan oleh kelompok penyaji




C.    Penutup (1 menit )
1.       
Menutup pelajaran dengan membimbing siswa membuat rangkuman dan memberi PR LKS SMA.




2.       
Guru Mengingatkan siswa untuk mempelajari materi selanjutnya tentang fungsi larutan penyangga





I.   Penilaian
1.      Penilaian produk (LP-01)
2.      Penilaian Kinerja(LP-02 A dan LP-02B)
3.      Penilaian Afektif

DAFTAR PUSTAKA

Firman, Harry. 2000. Kimia I1 . Jakarta : Balai Pustaka
Operation, Ganesha. 2006. Buku Pelajaran Kimia XI IPA Semester 2 SMA. Bandung: Ganesha Operation
Purba, Michael. 2002. Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga
Raharjo, Sentot B. 2008. Kimia Berbasis Eksperimen. Jakarta: Tiga Serangkai
Tim Kimia. 1994.  KIMIA. Jakarta : Yudhistira
 
 LAMPIRAN

SOAL DISKUSI